Travelanggi New Zealand Winter Trip ( Part 1 – Preparation)

Halo teman teman yang masih setia membaca blog ini dan tau dalam kurun beberapa waktu lalu aku selesai trip ke belahan bumi bagian selatan sepertinya cerita – cerita trip yang seru ini sudah ditunggu tunggu yaa. (sok artis lu)
Trip New Zealand yang memang penuh drama ini akhirnya terlaksana dengan empat anggota regu Anggi, Wahid, Ridho dan Mas Try. Sebelum trip berjalan pastinya ada persiapan yang dilakukan dong ya, begitu pula geng trip ini.

FLIGHT TICKET
Berawal dari tiket promo Air Asia yang ternyata terlewat olehku, aku tetap membeli tiket ke New Zealand secara terpisah untuk tiket pulang perginya *yang ga akan lagi kuulangi karena menyusahkan diri sendiri*

Tips 1 : Pilihlah maskapai full service yang promo, atau LCC tapi belilah bagasi online. Kita ga pernah tau random cek bisa menimpa kapan saja.

Tiga dari kami sudah mengantongi tiket dari bulan November, aku, Ridho dan Mas Try, sementara Wahid bergabung dua bulan sebelum trip ini berlangsung. Pas banget lah akhirnya trip berempat ini terencana, untung ga berdua aja ya ed sharecostnya lumayan menguras kantong wkwkwk
Untuk tiket antar kota sesuai itinerary kami beli secara terpisah juga, daripada daripada kan ya. Flight dari Auckland ke Queenstown kami terpisah dua rombongan, Jetstar dan Air New Zealand. Sedangkan flight dari Christchurch ke Auckland kami akur berempat barengan sekalian pisahan mengakhiri perjalanan bareng ini hiks :””

AKOMODASI

Penginapan yang kami ambil kebanyakan dari booking.com yang sudah dipesan sebelumnya sekalian untuk melengkapi persyaratan apply visa. Hanya satu penginapan yang kami pesan langsung sewaktu di Te Anau, Kingsgate Hotel yang kami pesan on the spot karena sudah putus asa cari penginepan di tengah sepinya kota di pinggir danau ini.

bayar langsung di tempat untuk pelunasan hostel/motel lebih baik daripada pake CC

Penginapan yang kami pesan via booking.com yaitu Haka Hostel Auckland, Nomad Queenstown Backpacker, Wanaka Top 10 Holiday Park dan Twizel Holiday Park dan semua pembayaran kami lunasi cash di tempat. Menghindari ada apa apasih kalau pake Credit Card.

Tips 2 : Jangan mengandalkan pesan penginapan mendadak, lebih baik buat bookingan melalui akun booking.com dan kawan kawannya. Untuk trip kali ini kami purely mengandalkan booking.com karena free cancelation.

TRANSPORTASI

Mengingat perjalanan ini kebanyakan di jalan alias road trip, kami menyewa mobil ketika di South Island yang dimulai dari Queenstown dan diakhiri di kota Christchurch. Sewa mobil kami dari 14-19 Agustus senilai $ 385 NZD alias hampir empat juta, innalillah memang mahal sih tapi ya mau gimana. Pengeluaran yang tak kalah mahal adalah beli bensinnya, se liter nyaris dua puluh rebu dan setiap isi bensin paling nggak habis setengah juta rupiah *kekep dompet nangis*. Mobil yang kami sewa adalah tipe city car yang sedikit kami siksa ketika jalan menuju glacier agak berliku melewati sungai kecil. Terimakasih Go Rent for the amazing car!
Sedangkan untuk pindah dari North ke South kami naik pesawat *yaiyaalah*

                                       halo si merah, miss our last trip with you :”

Tips 3 : Untuk sewa mobil sebaiknya booking terlebih dahulu sebelum sampai sana, pesan langsung di lokasi sangat tidak disarankan. Booking online juga memungkinkan kita memilih rute pick up dan pengembalian mobil setelah trip usai.

Persiapan yang tak kalah penting adalah bertanya, yass bertanya sama beberapa pihak yang berpengalaman menuju negara Kiwi ini sebelumnya. Ada Mas Bardiq, Mbak Ayomi dan beberapa pihak yang tidak bisa disebut satu satu karena bakal kepanjangan tulisannya sangat membantu memberikan informasi yang berguna dan menolong perjalanan ini.

Tips 4 : Carilah info sebanyak mungkin sebelum pergi, dan perbanyak info dari banyak kenalan atau sepik sepik nanya di blog orang demi info yang lebih baik.

UANG

Sebelum ke negara tujuan ada baiknya kita menukar uang yang berlaku di sana. Tukar uang bisa dilakukan di bank ataupun money changer yang banyak tersebar di Indonesia raya ini, untuk trip kali ini aku mencari money changer yang katanya terkenal di Jakarta tapi stok uang Dollar New Zealand memang susah didapat. Jadilah uang kutukar ke Dollar US sebagian, sisanya ambil di ATM negara tujuan.

money changer paling hits se Kuningan tapi uang NZ nya habis :”

Tips 5 : Sebaiknya tukarlah uang seperlunya sebelum pergi untuk menghindari cash terlalu banyak. Gunakan juga credit card jika ingin melakukan transaksi, manfaatkan juga ATM di negara tujuan. Kurs dollar NZ yang berada di kisaran 10.000 dengan charge 3$ sekali tarik tunai sebenarnya tak terlalu masalah, toh selisihnya juga ga terlalu jauh.

Bagian preparation cukup sekian, tunggu postingan lanjutan Travelanggi in New Zealand selanjutnya ya gengs!

Ciao Adios!

Anggi